Tips Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Sukses Berbisnis Online


Berbicara mengenai bisnis online tidak akan pernah ada habisnya, begitu banyak jenis bisnis online yang bisa dipilih, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Bisnis online saat ini termasuk bisnis yang diminati bagi sebagian orang yang tahu potensi pasar dan potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari internet. Pasar yang begitu besar merupakan potensi yang bisa dilirik untuk menekuni bisnis online. Namun, bagi sebagian orang memulai dan mengembangkan bisnis online sering dianggap tidak mudah.

Melanie Duncan, contoh seorang pengusaha yang mengalami kesuksesan dengan menjalani bisnis online sejak lama. Bersama suaminya, Devin, dia kini telah memiliki lebih dari 160.000 siswa melalui program pelatihan sukses berbisnis online, mereka juga sering menjadi pembicara untuk kiat sukses bisnis online di seluruh dunia.

Tips Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Sukses Berbisnis Online

Dikutip dari laman entrepreneur, Selasa (11/04/2017), Melanie membagi tips sukses menjalani bisnis online berikut ini :



  1.  Mulai sesederhana mungkin
    Saat baru pertama mulai berbisnis, mulailah secara sederhana, khususnya jika ingin berjualan produk sendiri. Mulai dengan produk yang kira-kira akan diminati orang, awali dengan menjual produk dalam jumlah kecil dan fokus pada satu barang terlebih dahulu.Berhenti untuk membuat banyak produk yang berbeda. Beberapa orang biasanya di awal begitu jor-joran tetapi hasilnya tak seperti yang diharapkan, ini tentu akan mengecewakan dan membuat sedih.Setelah melihat pasar Anda cukup banyak diminati, teruskan dengan membuat produk agak banyak secara bertahap.Ini berlaku untuk semua pengusaha. Jika Anda ingin menawarkan layanan, produk informasi atau barang buatan sendiri, yang pertama buat orang tertarik dan produk Anda dikenal terlebih dulu.
  2. Biarkan ide-ide Anda berkembang
    Saat produk Anda mulai dikenal, kembangkan ide dan kreatifitas yang Anda miliki dan ketahui cara bagaimana agar produk Anda dikenal dan selalu diminati pembeli.Bahkan jika Anda memiliki ide bagus, bukan berarti itu akan menjadi mudah membuat bisnis yang sukses, karenanya diperlukan kreatifitas dan cara penjualan yang menarik agar jualan Anda dilirik oleh pelanggan.
  3. Membagi tugas yang jelas
    Beberapa orang yang berbisnis online ada yang menjalani sendiri dan ada yang bersama teman atau pasangan. Jika Anda memulai bisnis bersama pasangan, maka diperlukan pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas dalam hal ini.Jangan sampai terjadi difusi tanggung jawab. Saat Anda berbisnis dengan pasangan dan Anda mengerjakan segala sesuatunya bersama-sama, maka ini sebenarnya kurang tepat.Anda harus punya tugas masing-masing, misalnya siapa yang melakukan pemasaran, siapa yang bertugas di bagian pengemasan, dan lain-lain. Jika ini bisa dilakukan, maka Anda pun sadar dengan pekerjaan yang ditugaskan sehingga tidak saling melempar tanggungjawab apabila suatu saat mendapat masalah.
  4. Menggunakan koneksi yang ada
    Koneksi termasuk hal utama saat ingin berbisnis online, pemasaran lewat media sosial dan melakukan unggahan (posting) setiap hari bisa dilakukan saat ingin memasarkan produk dan ini biasanya efektif.Strategi dengan cara ini banyak yang berhasil dengan cepat. Bila diperlukan untuk memperluas bisnis Anda, mulailah menawarkan dengan yang Anda kenal terlebih dahulu, tak perlu sungkan juga meminta mereka memberi komentar dan kemudian unggah tanggapan mereka di online shop Anda, hal ini juga merupakan salah satu cara menarik minat pelanggan untuk tahu produk apa yang Anda jual.
  5. Bergabung dengan komunitas
    Saat berbisnis, terkadang hidup pun bisa berubah. Tak jarang Anda bisa kehilangan teman karena dianggap telah berbeda, hanya memikirkan bisnis. Karenanya Anda pun harus bis menyesuaikan kondisi dengan teman-teman Anda.Agar tak kejadian seperti itu, sebaiknya cari dan bergabung dengan komunitas yang memiliki pemikiran sama dengan Anda. bergabung dengan komunitas online shop akan membuka pikiran dan Anda pun merasa di lingkungan yang tepat.Biasanya jika bergabung dengan orang yang punya tujuan sama, maka Anda pun akan tertular semangat, ide dan kreatifitas bisnis.Jadi Anda tetap tidak kehilangan teman lama, justru mendapat teman baru yang juga memiliki visi sama berbisnis.
  6. Punya tujuan
    Memiliki bisnis sendiri bukan berarti Anda tidak punya tujuan. Agar selalu semangat mencapai hasil yang diinginkan, Anda harus punya tujuan. Seperti jika keuntungan terpenuhi Anda akan pergi berlibur, atau ingin beli rumah dan mobil.Dengan memiliki impian dan tujuan saat berbisnis, maka Anda akan selalu mencari cara bagaimana bisnis selalu berkembang dan terus maju. Bahkan bukan tidak mungkin apa yang Anda harapkan justru melampaui dari apa yang ​sudah​ Anda targetkan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of