Merapikan Gambar Pada WordPress dengan Widget Force Regenerate Thumbnails


Kalau dilihat Masalah ini sangat sepele. Namun jika kita sangat memperhatikan unsur keindahan dan kerapihan maka tentunya akan sangat mengganjal sekali. Blog memiliki gambar thumbnail (featured image) namun sayang tampilannya tidak rapi atau berantakan. Blog bukan menjadi tambah indah enak dipandang mata, tapi malah sebaliknya. Kita meski memperbarui tampilan thumbnail tersebut agar mengikuti standar post thumbnail dari template yang digunakan.

Tidak semua pengguna WordPress yang suka menampilkan gambar thumbnail. Jika Anda termasuk yang suka mengikutsertakan gambar thumbnail setiap posting namun tampilannya tidak rapi apakah kita harus mengubahnya satu persatu secara manual? Saya sarankan jangan! Karena hanya akan menghabiskan waktu secara percuma saja. Terlebih jika jumlah postingannya sudah banyak lebih dari 500 postingan.

Kasus gambar thumbnail menjadi berantakan biasanya terjadi ketika kita mengganti theme (template). Setiap theme biasanya akan beda memberikan standar ukuran gambar thumbnail. Jadi itulah sebabnya ketika kita mengganti template WordPress maka ukuran gambar thumbnail jadi berantakan dan terkesan tidak rapi.

Berikut Cara Merapikan Thumbnail WordPress Secara Otomatis dan Cepat

Untuk merapikan gambar thumbnail yang acak-acakan setelah ganti theme kita harus menggunakan plugin. Karena dengan menggunakan plugin kita bisa mengubah seluruh thumbnail secara otomatis dan cepat. Tenang saja jika Anda khawatir akan memberatkan loading blog karena penggunaan plugin berlebih, nanti jika sudah selesai proses mengubah thumbnail plugin bisa dihapus.

Sebelum menginstall plugin, pastikan dulu Anda sudah mengatur ukuran gambar default yang akan digunakan dalam thumbnail. Caranya silakan Anda lihat di menu Settings > Media. Atur dan sesuaikan semua ukuran gambar theme Anda dan jangan lupa hilangkan centang pada Crop thumbnail to exact dimensions. Hal ini untuk menghindari proses pemotongan otomatis (crop) gambar ketika kita mengupload gambar. Nanti gambar yang kita upload hanya akan mengikuti ukuran post thumbnail dari theme yang kita gunakan.



Kini saatnya Anda menginstall plugin, lalu plugin apa untuk merapikan ukuran thumbnail? Dari banyaknya plugin saya merekemondasikan menggunakan plugin Force Regenerate Thumbnails. Plugin ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan penggunaannyapun sangatlah mudah.

Dengan menggunakan plugin Force Regenarate Thumbnails maka Anda bisa mengubah ukuran gambar thumbnail yang akan mengikuti ukuran standar thumbnail dari theme yang digunakan. Cara kerja plugin ini adalah akan menghapus atau memotong (crop) setiap gambar lebih dari ukuran yang telah ditentukan secara otomatis. Tentunya hal ini akan lebih menghemat space hosting Anda.

Silakan Anda download dan installkan plugin Force Regenerate Thumbnails dari wp-admin dashboard atau dari cPanel. Nanti setelah sukses install untuk menjalankan plugin ini bisa Anda temukan pada menu Tools.

Cukup mudah juga menggunakan plugin ini, Anda tinggal klik Regenerate All Thumbnails dan tunggu hingga proses regenerate selesai dengan sempurna. Proses lama sebentarnya tergantung jumlah gambar yang sudah tersimpan di blog Anda. Saya sudah mencoba sendiri regenerate 2010 gambar menghabiskan waktu sekitar 29 menit saja pada blog saya yang lain.

Nanti Anda akan mengetahui laporannya apakah proses regenerate ini sukses atau tidaknya. Atau mungkin ada beberapa gambar yang tidak bisa diregenerate. Kalau ada gambar yang menolak, berarti Anda harus melakukan perubahan ukuran gambar secara manual.

Ok kini gambar post thumbnail Anda sudah rapi dan tentunya jadi enak dilihat. Mungkin hanya itu saja artikel Cara Merapikan Thumbnail WordPress dengan bantuan plugin. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk umum dan salam sukses.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of