Tutorial Cara Membuat Sitemap Website WordPress


Pengertian Sitemap – Apa itu Sitemap XML pada WordPress?

Sitemap adalah daftar halaman dari sebuah website yang dapat diakses oleh semua pengguna internet baik mesin pencari maupun pengunjung normal (manusia). Sitemap merupakan cara dari para pemilik website untuk memberitahu mesin pencari termasuk google tentang halaman-halaman yang ada di website mereka.

Sitemap XML pada wordpress juga membantu mesin pencari untuk membedakan halaman mana saja yang lebih penting dan seberapa sering website Anda diperbarui (update konten baru). Berikut adalah contoh sitemap XML:

Cara membuat sitemap website WordPressApakah SITEMAP dibutuhkan ?

Sitemap sangatlah penting dari sisi SEO. Pertama, kami harus menekankan bahwa menambahkan sitemap tidaklah akan mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari. Namun, jika terdapat beberapa halaman di website Anda tidak ter-index oleh mesin pencari termasuk google maka sitemap akan dapat membantu Anda dalam memberitahu mesin pencari terkait halaman tersebut sehingga akan dapat ter-index dengan baik.

Sitemap sangatlah berguna untuk sebuah website atau blog yang baru. Umumnya, sebuah website baru tidak memiliki banyak backlink pada halaman – halamannya dan hal tersebut sangat menyulitkan mesin pencari dalam menemukan semua halaman – halaman yang ada di dalam website tersebut. Sitemap dapat membantu mesin pencari dalam melakukan crawl atau menelusuri website lebih efisien.

Untuk sebuah website yang populer, sitemap juga dapat membantu website tersebut berinteraksi dengan mesin pencari menjadi lebih baik. Mesin pencari dapat mengetahui seberapa sering website Anda diperbarui kontennya dan pada bagian mana konten yang sering diperbarui dan kemudian menentukan rata-rata crawl pada website Anda dan lain – lain. Hal ini akan sangat membantu website Anda akan ditampilkan di mesin pencari lebih baik lagi.



Cara Membuat Sitemap Website WordPress

Terdapat banyak cara dalam membuat sitemap XML di WordPress. Pada website ini, saya menggunakan plugin SEO Yoast untuk membuat sitemap website kami. Alasan utama saya menggunakan plugin ini adalah banyaknya fitur SEO yang ditambahkannya seperti SEO untuk Social Media, Sitemap dan lain -lain.

Untuk membuat sitemap di website wordpress Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan Plugin SEO by Yoast. Secara default, plugin tersebut tidak mengaktifkan fungsi dari sitemap XML sehingga Anda harus mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, silakan login di dashbaord wordpress Anda dan kemudian pilih menu SEO  dan kemudian silahkan di edit sesuai dengan data anda pada pilihan sitemap untuk mengaktifkan Sitemap XML.

Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

Setelah Anda menginstall fungsi sitemap XML dengan menyimpannya,  maka secara otomatis plugin tersebut akan membuat sitemap XML dan dapat diakses secara umum. Secara default, sitemap yang dibuat akan memiliki url tambahan sitemap_index.xml dan Anda dapat mengeceknya pada www.namadomainanda.com/sitemap_index.xml atau pada contoh website saya adalah:

http://maulana.unimal.ac.id/sitemap_index.xml

Jika Anda telah melihat halaman sitemap seperti contoh di atas pada website Anda maka artinya sitemap telah berhasil dibuat pada website tersebut.

Selesai. Dengan begitu maka sitemap di website Anda telah berhasil dibuat dan langkah selanjutnya adalah men-submit atau mengirimkan sitemap tersebut ke mesin pencari seperti google dan lain – lain agar bot mesin pencari atau Google dapat menelusuri website Anda dengan baik.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
adityawarman H Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
adityawarman H
Guest

versi video ada min?