Borobudur Targetkan 2 Juta Wisatawan Mancanegara di tahun 2019


Kawasan wisata Borobudur yang berada di Magelang menjadi salah satu destinasi prioritas yang dimiliki oleh Jawa Tengah. Karena keindahan alam dan keragaman budaya, kawasan ini memiliki target 2 juta wisatawan mancanegara yang harus tercapai pada tahun 2019, seperti yang diungkapkan oleh Hari Untoro Drajat, Staf Ahli Bidang Multikultur, Kemenpar pada Selasa (25/4/2017).

“Target mendatangkan dua juta wisman tersebut naik 600 persen dari target kunjungan wisman yang datang pada tahun 2014 yakni 300 ribu orang di Candi Borobudur. Dari pusat, daerah, dan masyarakat harus bersatu,” kata Hari.

Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan adalah momen Waisak yang dapat menjadi sebuah paket wisata religi. Selain perjalanan wisata ke Candi Borobudur, para wisatawan juga diajak untuk mengunjungi Bukit Punthuk Setumbu, Candi Ratu Boko, Candi Prambanan hingga Candi Plaosan yang ada di sekitar Borobudur.



Kawasan wisata Borobudur sendiri beserta daerah Yogyakarta, Solo, dan Semarang merupakan kawasan destinasi prioritas yang bergabung dalam ‘Joglosemar’. Agar semakin diminati oleh para wisatawan mancanegara, maka dibutuhkan rumus 3A yang dicanangkan oleh Menpar Arief Yahya. Mulai dari atraksi yang dihadirkan, amenitas dan pelayanan yang baik, hingga akses yang memadai.

“Kami sangat berharap melalui kegiatan-kegiatan pilgrimage tour dapat mendorong mengalirkan wisatawan asing berkunjung ke Candi Borobudur sehingga target wisatawan asing yang berkunjung ke wilayah Joglosemar dapat tercapai,” tutup Hari.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of