5 Jenis Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan


Saat hendak menurunkan berat badan, salah satu asupan yang sering dijadikan camilan adalah buah-buahan. Nah, tahukah Anda bahwa ada jenis buah yang memang aman untuk dikonsumsi selama program penurunan berat badan?

Ya, jika buah seperti nangka atau durian biasanya tidak dianjurkan bagi Anda yang ingin tampil langsing, maka ada buah lain yang bisa Anda jadikan pilihan. Berikut 5 daftar buah tersebut, seperti yang saya rangkum dari situs detikHealth :

1. Semangka

Semangka dapat Anda konsumsi kapan saja, terutama saat merasakan lapar atau jika Anda baru saja mengonsumsi makanan yang tak seimbang. Satu porsi hidangan semangka utuh mengandung 50,4 kcal dengan densitas energi sangat rendah, yaitu 0,27.

“Kombinasi air dan gulanya berdasarkan hasil penelitian komposisinya bagus. Memberikan rasa kenyang lebih lama, tapi densitas energinya rendah. Kombinasi ini membuat dia bertahan lebih lama di lambung dan memberikan rasa kenyang. Jadi baik sekali untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan supaya tidak terpancing untuk makan berlebihan,” terang dosen jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II, Rita Ramayulis, DCN, MKes.

2. Pisang


Pisang

Dikutip dari Times of India, pisang merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi saat Anda dalam program diet penurunan berat badan. Buah ini kaya akan kandungan kalium, yang dapat memberikan Anda energi ekstra saat berolahraga. Selain itu, kandungan kalium ini juga diyakini membantu mencegah retensi air dalam tubuh Anda.



3. Pepaya
Pepaya

Prof dr Marcellus Simadibrata, PhD, SpPD-KGEH, beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pepaya membantu menyehatkan sistem pencernaan Anda. Pepaya seratnya tinggi dan lebih bagus, sehingga bisa membantu melunakkan feses.

Rita juga pernah menuturkan bahwa pepaya mengandung enzim papain yang bisa memecah protein menjadi arginin, yang kemudian dapat memengaruhi produksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan sendiri mempunyai kemampuan mengurangi penumpukan lemak di tubuh.

4. Apel
Apel

Meski manis, buah ini memiliki kadar gula yang termasuk rendah, namun tinggi serat dan mineral. Oleh sebab itu, apel sangat cocok dijadikan camilan.

Ya, karena kandungan seratnya yang tinggi, apel bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Apel juga dapat Anda konsumsi kapan saja, terutama saat merasakan lapar atau saat baru saja mengonsumsi makanan yang tak seimbang. Satu porsi hidangan apel utuh mengandung 49,3 kcal. Apel juga memiliki serat yang larut air, sehingga diyakini dapat menyerap kelebihan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

5. Jeruk


Jeruk

Kaya akan kandungan vitamin C, buah jeruk juga baik dikonsumsi saat Anda hendak menurunkan berat badan. Ini karena nutrisi dalam jeruk membantu mencegah efek peradangan dalam tubuh serta mengurangi risiko kembung. Dengan begitu, tingkat energi juga akan menjadi lebih meningkat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of